Saturday, March 16, 2013

Stroke


Apa itu stroke?

Fungsi sel otak membutuhkan pengiriman konstan oksigen dan glukosa dari aliran darah. Sebuah kecelakaan stroke, atau serebrovaskular (CVA), terjadi ketika suplai darah ke bagian otak terganggu, menyebabkan sel-sel otak mati. Aliran darah dapat dikompromikan oleh berbagai mekanisme.

Penyumbatan arteri

  • Penyempitan arteri kecil di dalam otak dapat menyebabkan stroke lacunar, (lacune berarti "ruang kosong"). Penyumbatan arteri tunggal dapat mempengaruhi area kecil dari otak menyebabkan jaringan itu mati (infarct).
  • Pengerasan arteri (atherosclerosis) yang menuju ke otak. Ada empat pembuluh darah utama yang memasok otak dengan darah. Sirkulasi anterior dari otak yang mengontrol aktivitas yang paling motorik, sensasi, pikiran, ucapan, dan emosi disuplai oleh karotid arteri. Sirkulasi posterior, yang memasok batang otak dan cerebellum, mengontrol bagian-bagian otomatis fungsi otak dan koordinasi, disuplai oleh arteri vertebrobasilar.
Jika arteri menjadi sempit sebagai akibat dari aterosklerosis , plak atau kolesterol , puing-puing dapat pecah dan mengapung hilir, menyumbat pasokan darah ke suatu bagian otak. Sebagai lawan stroke lacunar, bagian-bagian yang lebih besar dari otak dapat kehilangan suplai darah, dan ini dapat menghasilkan lebih dari gejala-gejala stroke lacunar.

  • Emboli ke otak dari hati. Dalam beberapa kasus gumpalan darah dapat terbentuk di dalam jantung dan potensi yang ada bagi mereka untuk memutuskan dan perjalanan (embolize) ke arteri di otak dan menyebabkan stroke.

Pecahnya arteri (perdarahan)

  • Cerebral hemorrhage (perdarahan di dalam substansi otak). Alasan paling umum untuk memiliki perdarahan dalam otak adalah tidak terkontrol tekanan darah tinggi . Situasi lainnya termasuk aneurisma yang bocor atau pecah atau arteriovenosa malformasi (AVM) dimana ada suatu koleksi abnormal dari pembuluh darah yang rapuh dan dapat berdarah.

Apa yang menyebabkan stroke?

Penyumbatan arteri
Penyumbatan arteri di otak oleh gumpalan (trombosis) merupakan penyebab paling umum dari stroke. Bagian dari otak yang disuplai oleh pembuluh darah yang tersumbat kemudian kekurangan darah dan oksigen. Sebagai akibat dari kekurangan darah dan oksigen, sel-sel dari bagian mati otak dan bagian tubuh yang mengendalikan berhenti bekerja. Biasanya, plak kolesterol di pembuluh darah kecil di dalam otak yang pecah secara bertahap menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan memulai proses pembentukan bekuan darah kecil.
Faktor risiko untuk pembuluh darah yang menyempit di otak adalah sama dengan yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah di jantung dan serangan jantung (infark miokard). Faktor risiko ini termasuk:
  • tekanan darah tinggi (hipertensi),
  • kolesterol tinggi,
  • diabetes , dan
  • merokok .
Stroke emboli
Tipe lain dari stroke mungkin terjadi ketika bekuan darah atau sepotong plak aterosklerosis (kolesterol dan deposit kalsium pada dinding bagian dalam jantung atau arteri) istirahat longgar, perjalanan melalui aliran darah dan pondok-pondok di arteri di otak. Ketika aliran darah berhenti, sel-sel otak tidak menerima oksigen dan glukosa yang mereka butuhkan untuk fungsi dan stroke terjadi. Tipe stroke ini disebut sebagai stroke emboli. Sebagai contoh, bekuan darah mungkin awalnya terbentuk di ruang jantung sebagai akibat dari irama jantung yang tidak teratur , seperti terjadi di atrial fibrilasi . Biasanya, ini pembekuan tetap melekat pada lapisan dalam jantung, tapi kadang-kadang mereka bisa pecah, perjalanan melalui aliran darah, bentuk plug (emboli) pada suatu arteri otak, dan menyebabkan stroke. Emboli bisa juga berasal dari arteri besar (misalnya, arteri karotid, arteri besar di leher yang memasok darah ke otak) dan kemudian perjalanan hilir untuk menyumbat arteri kecil di dalam otak.
Cerebral hemorrhage
Sebuah pendarahan otak terjadi bila pembuluh darah di otak pecah dan berdarah ke dalam jaringan otak sekitarnya. Sebuah pendarahan otak (pendarahan di otak) menyebabkan gejala stroke dengan mencabut darah dan oksigen ke bagian otak dalam berbagai cara. Aliran darah yang hilang ke beberapa sel. Selain itu, darah sangat menjengkelkan dan dapat menyebabkan pembengkakan jaringan otak (edema serebral). Edema dan akumulasi darah dari tekanan meningkatkan pendarahan otak di dalam tengkorak dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut dengan memeras otak terhadap tengkorak tulang lebih mengurangi aliran darah ke jaringan otak dan sel-sel.
Perdarahan subarachnoid
Dalam perdarahan subarachnoid, darah menumpuk di ruang bawah membran arachnoid yang melapisi otak. Darah berasal dari suatu pembuluh darah abnormal yang bocor atau pecah. Seringkali ini adalah dari suatu aneurisma (penggelembungan suatu yang abnormal dari dinding kapal). Perdarahan subarachnoid biasanya menyebabkan tiba-tiba, parah sakit kepala mual, muntah , intoleransi cahaya, dan leher kaku. Jika tidak diakui dan diperlakukan, konsekuensi neurologis utama, seperti koma , dan kematian otak dapat terjadi.
Vaskulitis
Penyebab lain yang jarang dari stroke adalah vaskulitis , suatu kondisi dimana pembuluh darah menjadi meradang menyebabkan penurunan aliran darah ke jaringan otak.
Migrain
Tampaknya ada kejadian yang meningkat sangat sedikit stroke pada orang dengan sakit kepala migren . Mekanisme untuk migrain atau sakit kepala vaskular termasuk penyempitan pembuluh darah otak. Episode migrain Beberapa bahkan dapat meniru stroke dengan kehilangan fungsi dari satu sisi masalah tubuh atau penglihatan atau pidato. Biasanya, gejala seperti sakit kepala mengatasi terpecahkan.

No comments: